Berita

Peruri Serahkan Mobil Ambulans untuk Desa Parungmulya, Kabupaten Karawang

10 November 2017

Peruri Serahkan Mobil Ambulans untuk Desa Parungmulya, Kabupaten Karawang
Foto oleh Admin

Karawang, 10 November 2017. Di sela-sela upacara peringatan Hari Pahlawan 2017, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) memberikan bantuan 1 (satu) unit mobil ambulans kepada Desa Parungmulya, Kabupaten Karawang. Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Anggota Dewan Pengawas Peruri, Hasiholan Siahaan kepada Kepala Camat Ciampel, Agus Sugiono dan disaksikan oleh seluruh karyawan Peruri di Lapangan Upacara Kawasan Produksi Peruri Karawang pada Jumat (10/11). Pemberian mobil ambulans ini merupakan hasil kerja sama antara Peruri dan PT Sicpa Peruri Securink.

Penyerahan mobil ambulans ini merupakan tindak lanjut Peruri setelah pada 15 Juni 2017 saat kegiatan “Pasar Murah Ramadhan 1438 H” dilakukan pemberian secara simbolis mobil ambulans. ”Sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Peruri memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi warga sekitar wilayah perusahaan. Hal ini adalah aksi konkrit BUMN Hadir Untuk Negeri, program yang digagas oleh Kementerian BUMN RI sebagai pertanda seluruh BUMN dapat bersinergi untuk membangun negeri”, kata Hasiholan.

Lebih lanjut Hasiholan menambahkan bahwa Desa Parungmulya merupakan wilayah yang berbatasan secara langsung dengan Kawasan Produksi Peruri Karawang. Selain itu akses masyarakat dari desa menuju rumah sakit terdekat memiliki jarak yang sangat jauh. Oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk memberikan bantuan mobil ambulans, harapannya agar masyarakat Desa Parungmulya mendapatkan keamanan dan kemudahan serta pelayanan yang layak.

 

Bagimu Negeriku

Hingga kini Peruri selalu aktif terlibat dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat yang pelaksanaannya dilakukan oleh unit kerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Tugas utama dari PKBL adalah untuk secara aktif berperan dalam pemberdayaan usaha kecil dan koperasi serta pembinaan lingkungan, yang pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Dalam melaksanakan tugasnya PKBL Peruri dibagi menjadi 2 (dua) program besar, yaitu Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan.

Program Kemitraan bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui pemberian pinjaman kemitraan untuk modal kerja dan investasi kepada usaha mikro, kecil dan koperasi. Hingga Oktober 2017 besaran dana Program Kemitraan yang telah disalurkan sebesar Rp. 1.170.000.000,- atau turun 29 persen  dibandingkan periode yang sama 2016 yang mencapai Rp. 1.651.000.000,-. Penurunan tersebut semata-mata PKBL Peruri lebih mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran dana kepada mitra binaan untuk mencegah terjadinya macet kredit.

Program Bina Lingkungan (PBL) merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat dan peningkatan kualitas hidup yang dilaksanakan oleh BUMN. Hingga Oktober 2017 besaran dana PBL yang telah disalurkan sebesar Rp. 2.678.241.300,- atau naik 1,5 persen  dibandingkan periode yang sama 2016 yang mencapai Rp. 2.639.265.150,-.