Siaran Pers

Peruri Dukung Program Pemerintah Peduli Kanker

27 October 2017

S I A R A N    P E R S

Nomor :16/PR-PERURI/X/2017

 

Peruri Dukung Program Pemerintah Peduli Kanker

 

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh acara talkshow dengan tema “Sayangi Dirimu dan Keluargamu” yang diselenggarakan di kantor Kementerian BUMN pada Kamis 26 Oktober 2017. Acara talkshow ini bertujuan untuk mendukung kampanye cegah Kanker Serviks dan mendukung program pemerintah peduli Kanker.

Peruri bersama dengan beberapa BUMN dan anak perusahaan BUMN antara lain Petramedika, IHC, Jamkrindo, BNI, BTN, Mandiri, BRI, RNI dan Bio Farma turut menyukseskan acara ini dalam upaya memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan kanker Serviks kepada masyarakat. Acara ini merupakan sinergi antara Kementerian BUMN, Forum Humas BUMN (FHBUMN), dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan bulan kanker yang merupakan bentuk kepedulian BUMN dalam meningkatkan kesadaran publik mengenai kasus kanker serviks yang terus meningkat di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Peruri, Siwi Widjayanti mengatakan “acara ini sangat penting diselenggarakan dalam mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pencegahan dini agar terhindar dari risiko terkena Kanker Serviks ataupun terserang virus HPV (human papillomavirus).”

Kanker Serviks merupakan salah satu kanker penyebab kematian tertinggi yang mengancam perempuan di Indonesia. Menurut data dari GLOBOCAN (Global Burden Cancer) yang dirilis oleh WHO/ICO Information Centre on HPV & Cervical Cancer tahun 2012, ketika itu sudah tercatat 26 perempuan Indonesia setiap harinya meninggal akibat kanker serviks dan diprediksi terdapat 58 kasus baru setiap harinya. Kondisi ini menempatkan Indonesia di posisi teratas dengan kasus Kanker Serviks paling banyak di Asia Tenggara.

Hadir dalam acara ini beberapa narasumber, di antaranya Dr. Totok Imam Soeparmo, SPOG (Dokter RS Hermina dan RSPAD, Anggota HOGI, dan Dewan Kehormatan CISC), Bunga Jelita (Putri Indonesia 2017, dan Duta KICKS), Dewi Sandra (Duta KICKS), dan Sumbangsih Elly Mawati (Survivor Kanker Serviks).

Di dalam acara ini juga dilakukan tes gratis untuk IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tes ini dapat dimanfaatkan oleh peserta yang hadir sehingga bisa mengetahui secara langsung apakah terkena kanker atau tidak. Dengan diadakannya tes IVA, harapannya bisa mencegah penyakit kanker serviks tersebar di kalangan masyarakat.

 

--00--

 

Dikeluarkan oleh       : Corporate Secretary and Strategic Planning / Biro Komunikasi Perusahaan

 

Contact Person(s)     :

  • Eddy Kurnia, Head of Corporate Secretary and Strategic Planning (021-7395000 ext 1121)
  • Siwi Widjayanti, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan (08128527574)