Siaran Pers

Hati-Hati SMS Penipuan Atas Nama Peruri

19 January 2017

SIARAN PERS

Nomor : 01/PR-PERURI/I/2017

 

Hati-Hati SMS Penipuan Atas Nama Peruri


Jakarta, 12 Januari 2017 - Hati-hati dengan penipuan yang dikirimkan melalui SMS tentang penerimaan karyawan di lingkungan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Pagi tadi saya menerima SMS dari telepon seluler yang tidak dikenal, bunyinya: "BUMN PERUM PERURI. Membuka Lowongan Kerja 2017
Untuk Semua Jurusan L/P, Bagi Yang Berminat Silakan. Kunjungi Situs Web Resmi http//www.ppm-peruri.com. Pesan singkat yang bunyinya sama tersebut, ternyata juga diterima oleh beberapa kolega saya yang melakukan konfirmasi langsung. Tentu saya jelaskan bahwa isi pesan singkat tersebut sama sekali tidak benar, itu adalah penipuan. Selain itu, Peruri tidak pernah mengumumkan penerimaan karyawan melalui pesan singkat (SMS)", kata Eddy Kurnia, Head of Corporate Secretary Peruri.

Di dalam penerimaan karyawan baru, Peruri mengadakannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta diumumkan secara  terbuka melalui website peruri.co.id, surat kabar nasional dan bekerja sama dengan lembaga independen yang ahli di bidangnya.

"Tidak benar sama sekali bahwa di dalam rekrutmen karyawan, Peruri meminta sejumlah uang untuk biaya tiket/travel dan hotel. Kami menerima banyak pengaduan dengan modus seperti itu dan berulangkali sudah dijelaskan bahwa itu adalah penipuan. Silahkan buka website kami peruri.co.id dan hanya itu website kami yang resmi, tidak ada yang lain", kata Eddy Kurnia.

Kawasan Produksi Peruri berada di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang dengan Kantor Pusat di Jl. Palatehan No. 4, Blok K-V, Kebayotan Baru, Jakarta Selatan. Peruri hingga saat ini tidak mempunyai Kantor Cabang di manapun, kecuali lokasi di atas. "Jadi jika ada yang menawarkan melalui pesan singkat, media sosial atau email bahwa Peruri mengadakan seleksi di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar atau kota-kota lainnya, sama sekali tidak benar", demikian Eddy Kurnia.

Perlu dijelaskan bahwa Peruri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempekerjakan karyawan organik hingga posisi akhir Desember 2016 sebanyak 2047 orang, terdiri dari 1725 pria dan 322 wanita. Tingkat pendidikannya 2,68% S2, 19,88% S1, 5,86% D3 dan 71,5% sisanya SLTA ke bawah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 32 Tahun 2006, tugas utama Peruri adalah mencetak uang NKRI, dokumen keimigrasian (paspor), pita cukai, meterai dan buku pertanahan.

--OO--

 

Dikeluarkan oleh       : Corporate Secretary / Biro Komunikasi Perusahaan Peruri

Contact Person(s)    : Eddy Kumia, Head of Corporate Secretary (021-7395000 ext 1121)

                               : Siwi Widjayanti, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan (08128527574)