• Tim Sesper Peruri
  • 29 Januari 2022

Peruri Bangun Sarana Air Bersih Water Treatment Plant Untuk Warga di Kabupaten Karawang


Karawang – Pada Kamis, 27 Januari 2022, Peruri bersama dengan perwakilan Pemerintah Kabupaten Karawang meresmikan pembangunan Sarana Air Bersih berupa Instalasi Pengolahan Air (IPA) / Water Treatment Plant (WTP) di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Peresmian dilakukan oleh Kepala Biro TJSL Peruri, Ratih Sukma Pratiwi dan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Karawang, Asep Hazar serta disaksikan oleh Camat Ciampel, Agus Sugiono dan Kepala Desa Parungmulya, Hanapi.

Water Treatment Plant dibangun oleh Peruri yang memiliki kawasan produksi di Desa Parungmulya guna memberikan sarana air bersih kepada warga di lokasi sekitar area produksi sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 6 yaitu Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi yang Layak. Hal ini merupakan bentuk konkret kepedulian Peruri terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan warga Karawang. Sebagai salah satu BUMN, selain memiliki tujuan untuk mendukung perekonomian Indonesia melalui kegiatan operasionalnya, Peruri turut mendukung kesejahteraan masyarakat melalui program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Pembangunan Water Treatment Plant bertujuan untuk mengolah air untuk mendapatkan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk dikonsumsi. Seperti yang diketahui bahwa salah satu penyebab stunting adalah disebabkan oleh kualitas air yang buruk yang menjadi sumber air minum dan sanitasi di lingkungan tempat tinggal.  

Water Treatment Plant dibangun di sekitar aliran Sungai Citarum Barat, dimana sebagian besar warga Desa Parungmulya masih menggunakan air sungai secara langsung untuk kebutuhan air sehari-hari yang belum terjamin kualitasnya. Water Treatment Plant yang dibangun Peruri memanfaatkan air yang berasal dari aliran sungai irigasi yang terdapat di depan Desa Parungmulya.

“Melalui WTP ini, diharapkan dapat menghasilkan air bersih sebanyak 500 liter per menit. Dimana air bersih yang dihasilkan telah memenuhi standar kelayakan air bersih yang telah ditetapkan sehingga aman untuk digunakan sebagai sumber kehidupan sehari-hari bagi warga Desa Parungmulya dan menurunkan angka kasus stunting di Karawang.” kata Ratih, Kepala Biro TJSL Peruri saat peresmian WTP Desa Parungmulya.

Selain pengadaan Water Treatment Plant (WTP) bagi warga yang berada di sekitar aliran Sungai Citarum Barat, Peruri juga melakukan pengadaan Tandon/Toren Air yang berfungsi sebagai tempat penampungan air bersih bagi warga yang tinggal di wilayah sekitar Kawasan Produksi Peruri yaitu di Dusun Cibenda dan Dusun Cikamuning. Diketahui bahwa warga di Dusun tersebut seringkali mengalami kekurangan air yang diakibatkan kekeringan pada musim kemarau dan tidak memiliki akses terhadap air bersih.

Melalui pengadaan dua sarana air bersih ini, diharapkan akses masyarakat akan air bersih dapat menjadi lebih mudah, sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat melalui penggunaan air bersih. Oleh karena itu dengan sendirinya kondisi ekonomi masyarakat juga meningkat karena bertambahnya produktivitas masyarakat yang seiring dengan peningkatan kesehatan.