Fraud Blocker
Peruri Gelar Technology Forum ke-1, Guna Mengeksplor Keunggulan Bisnis Brand Protection
  • Tim Sesper Peruri
  • 19 Agustus 2023

Peruri Gelar Technology Forum ke-1, Guna Mengeksplor Keunggulan Bisnis Brand Protection

S I A R A N   P E R S

Nomor: 23/PR-PERURI/VIII/2023

Peruri Gelar Technology Forum ke-1, Guna Mengeksplor Keunggulan Bisnis Brand Protection

Jakarta – PRIfA (Peruri Research Institute for Authenticity) sebagai lembaga riset dan inovasi yang dibentuk Peruri menyelenggarakan Technology Forum ke-1 dengan topik “Brand Technology Update” di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri Jakarta pada 24 Juli 2023. Acara ini merupakan kolaborasi Peruri dengan Sicpa-SA, produsen tinta sekuriti asal Swiss, dan dihadiri oleh Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung A. Murdani dan Head of PRIfA, Imam Nashiruddin. Turut hadir sebagai narasumber acara ini adalah Xavier Urbaneja (Xavi) dari Sicpa Swiss dan David Eric Burke, CEO PT Sicpa Peruri Securink (PT. SPS)–perusahaan Afiliasi Peruri dengan Sicpa-SA.

Gelaran forum ini bertujuan untuk memperkokoh kemandirian dan daya saing Peruri sebagai technology company guna menguasai teknologi-teknologi terkini sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 sangat diperlukan update teknologi terkait brand protection sebagai upaya pencegahan terhadap pemalsuan atau counterfeiting yang semakin canggih. Apalagi brand protection juga merupakan bagian dari kompetensi utama Peruri sebagai Perusahaan penjamin keaslian (authenticity guarantor).

Xavi menjelaskan tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan global terkait brand protection di antaranya telah terjadi peningkatan perdagangan produk palsu sebesar 3,3% dari total perdagangan global dan merebaknya pemalsuan di Asia dengan tingkat pertumbuhan pemalsuan diperkirakan akan terus meningkat sebesar 6% CAGR pada 2021-2026.

Peruri yang saat ini telah bertransformasi menjadi perusahaan security printing and digital solution terintegrasi telah memiliki layanan-layanan untuk mengantisipasi tantangan tersebut, di antaranya identitas digital (Digital ID) pada produk rantai pasok dan layanan track and trace untuk meningkatkan traceability pada rantai pasok. Melalui layanan Peruri Code, konsumen mampu mengautentikasi produk melalui perangkat seperti smartphone, sebagai bagian dari tren peningkatan keterlibatan dengan end-consumer.

Selain itu, PT Sicpa Peruri Securink juga memiliki teknologi Brand Protection yang dapat diterapkan pada label (security labels solutions), kemasan (packaging security solutions), atau langsung pada produk (product security solutions). Solusi tersebut antara lain: QUAZAR® merupakan fitur pengaman terbuka (overt) yang dengan mudah dapat diverifikasi dan SICPAGUARD® untuk fitur pengaman rahasia (covert) yang efektif untuk autentikasi dan pengawasan, serta REVEO® untuk verifikasi digital pada smart packaging, di mana REVEO® memungkinkan verifikasi melalui aplikasi seluler untuk pencegahan pemalsuan.

Ketiga solusi Brand Protection tersebut telah berhasil diimplementasikan di berbagai industri antara lain farmasi, kosmetik, logam mulia, barang mewah, elektronik, FMCG dan lainnya. Keberhasilan implementasi tersebut didukung oleh sejumlah manfaat yang dapat diberikan kepada para pelanggan, seperti kemampuan mendeteksi pemalsuan produk, melacak rantai pasokan, dan mampu melindungi integritas dari produk itu sendiri.

“Peruri saat ini telah bertransformasi menjadi technology company mampu memberikan nilai tambah terhadap layanan pelanggan untuk memberikan jaminan keamanan dan keaslian pada produk-produk yang digunakan konsumen,” ujar Gandung, Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri.

-000-

Dikeluarkan oleh: Biro Strategic Corporate Branding & TJSL

Contact Person(s):

1.    Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary (021-7395000 ext 1120)

2.    Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL (082112694448)