Fraud Blocker
Peruri Gelar Technology Forum ke-2, Guna Perkuat Teknologi Percetakan Uang dan Fitur Keamanan Uang
  • Tim Sesper Peruri
  • 23 Agustus 2023

Peruri Gelar Technology Forum ke-2, Guna Perkuat Teknologi Percetakan Uang dan Fitur Keamanan Uang

S I A R A N   P E R S

Nomor: 25/PR-PERURI/VIII/2023 

Peruri Gelar Technology Forum ke-2, Guna Perkuat Teknologi Percetakan Uang dan Fitur Keamanan Uang

Bandung – Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) kembali menggelar Technology Forum ke-2 dengan tema “Banknote Security Printing and Security Features Technology” pada akhir Juli 2023 bertempat di Hotel Mason Pine Bandung. Penyelenggaraan forum kali ini berkolaborasi dengan SICPA SA, produsen tinta sekuriti asal Swiss dan Koenig & Bauer, produsen mesin cetak uang ternama di dunia asal Jerman.

Hadir dalam acara ini yaitu Direktur Currency & Security Solutions Peruri, Saiful Bahri, Head of PRIfA, Muh. Imam Nashiruddin dengan mengundang narasumber yaitu Cedric Amerasinghe dari SICPA SA dan Ulf Funke dan Emmanuel Thony dari Koenig & Bauer serta Eric Italiano dan Dhani Syukur dari PT Sicpa Peruri Securink, perusahaan afiliasi Peruri dengan SICPA SA. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 50 orang dari berbagai unit kerja produksi Peruri serta tim peneliti dari PRIfA.

Penyelenggaraan Technology Forum ke-2 ini bertujuan untuk sharing ilmu pengetahuan dan memberikan informasi terkini mengenai perkembangan teknologi permesinan dan security features kepada karyawan Peruri sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan desain dan jenis pengaman yang akan diaplikasikan pada produk Peruri yang memiliki nilai jual tinggi.

Teknologi percetakan uang (banknote) dan fitur keamanan (security features) terus mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga diperlukan update agar Peruri dapat terus berinovasi menciptakan produk security printing yang unggul dan berkualitas. Forum kolaborasi seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi karyawan Peruri dalam penguasaan teknologi serta mengantisipasi kompetisi global yang akan berdampak pada eksistensi, relevansi dan keberlangsungan bisnis Peruri sebagai perusahaan teknologi currency & high security solution.

Pada forum ini, Eric dan Dhani dari PT Sicpa Peruri Securink (SPS) memperkenalkan konsep “Banknotes for All” yaitu solusi terbaru yang diperuntukkan bagi tunanetra dengan teknologi uang kertas “Echo” yang memiliki 3 (tiga) tekstur yang berbeda dengan teknik cetak intaglio (cetak dalam) untuk menghasilkan efek rabaan yang mudah diidentifikasi oleh tunanetra.  Selain itu, SPS tetap mengintegrasikan fitur-fitur keamanan lainnya seperti SPARK® (fitur optik), TWINUV® (fitur fluorescence UV), SICPATALK® (fitur penyerapan IR), NEOMAG® (fitur magnetik), dan SICPAPROTECT® (fitur pelapis perlindungan) dalam desain uang kertas untuk dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Berdasarkan hasil riset terbaru, adanya Cash Deposit Machine (CDM) atau lebih dikenal sebagai ATM Setor Tunai memberikan sejumlah manfaat kepada masyarakat, namun di sisi lain risiko penyebaran uang palsu melalui CDM masih tetap ada. Untuk mencegah peredaran uang palsu melalui CDM diperlukan pengembangan fitur keamanan yang tertanam pada uang kertas yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable features) di antaranya SICPATALK® (IR feature) dan NEOMAG® (magnetic feature).

Selain itu Ulf dari Koenig & Bauer juga menyampaikan paparan terkait mesin yang dapat mengaplikasikan fitur-fitur keamanan di atas menggunakan teknologi termutakhir seperti pengaplikasian foil (lembaran logam tipis) yang bisa diterapkan pada semua jenis bahan kertas, serta mesin yang dapat menggabungkan proses pelapisan/coating (varnishing) dan cetak timbul (embossing) dalam satu sistem pada uang kertas. Mesin-mesin ini dilengkapi dengan embossing block yang menghasilkan ketebalan tertentu sehingga dapat meningkatkan durabilitas uang kertas hingga 60% lebih lama dibandingkan dengan uang kertas tanpa proses pelapisan/coating. Mesin ini dikembangkan bersama Giesecke & Devrient, perusahaan percetakan uang asal Jerman.

“Peruri harus terus meningkatkan kapabilitas dan kompetensi karyawannya sehingga dapat terus bersaing dengan kompetitor di bidang yang sama di era digital saat ini. Forum teknologi semacam ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan topik-topik yang relevan dengan perkembangan fitur pengaman dan perkembangan teknologi permesinan serta tren otomasi” ujar Saiful Bahri, Direktur Currency & Security Solutions Peruri.

-000- 

Dikeluarkan oleh: Biro Strategic Corporate Branding & TJSL

Contact Person(s):

1.     Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary (021-7395000 ext 1120)

2.  Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL (082112694448)